Si Relevan

 Belajar CorelDRAW Sulit Atau Mudah?

CorelDRAW apliksi untuk apa sih? 

CorelDRAW merupakan program komputer atau aplikasi yang digunakan untuk membuat desain grafis berbasis vektor. Sesuai dengan namanya aplikasi ini dibuat oleh perusahaan Corel pada tahun 1989 dan bermarkas di Negara Kanada tepatnya di Kota Ottawa.

Hhmmm.... buat kalian yang ingin belajar CorelDRAW tapi bingung apakah suli atau mudah? tenang ajah bljar CorelDRAW mudah kok.

Lho masasih mudah? saya bilang mudah karena udah bisa ajah kan ? kan banyak toolnya juga?

Gini teman-teman jika merujuk pada permasalahan mudah atau sulit tentu saja apa yang belum kita coba pasti akan disebut sulit, padahal seharusnya kita mencobanya terlebih dahulu sebelum menyebutnya mudah atau sulit.

Dulu sebelum belajar CorelDRAW saya juga beranggapan kalo "ini pasti bakal sulit banget" padahal pada saat itu saya juga belum mencobanya hehehe, TAPI karena penasaran & tuntutan pekerjaan maka mau gak mau akhirnya harus belajar juga.

Lho kok tuntutan pekerjaan? memangnya saya kerja apa sampe harus bisa CorelDRAW?

Dulu saya kerja di percetakan dimana pasti tau dong apa yang di kerjain di percetakan? iyap seperti spanduk, sablon, stiker, banner, dll. Dan gimana itu bisa dikerjakan? tentu saja setelah desainnya dikerjakan baru produknya bisa dikerjakan dan lagi kalo mimin gak bisa bikin desainnya ya gimana bisa di cetak juga kan produk-produk yang tadi saya sebutin.

Pada awal masuk CorelDRAW saya liatin semua tool yang ada dan menurut saya tampilan dari CorelDRAW ini justru simple sekali, nah disitulah saya beranggapan "kayaknya gak bakal sulit-sulit banget".


Ketika belajar CorelDRAW hal paling pertama yang kita pelajari adalah toolnya. Ada banyak tool yang terdapat dalam CorelDRAW, untuk yang pernah belajar photoshop / ilustrator / autocad pasti tidak terlalu asing dengan beberapa tool yang ada karena pada dasaranya nama toolnya dan kegunaannya sama saja. TAPI jika belum pernah mempeljari photoshop / ilustrator / autocad tenang saja karena icon dari tool nya cukup mudah diingat.

Jika sudah paham dengan tool beserta kegunaanya maka kita mulai belajar teknik dasar atau pengaplikasian dari masing-masing tool sampai ada gambaran dari diri kita.

Memang untuk mempelajarinya tidak bisa dalam waktu sebentar dan memerlukan fokus juga, TAPI jika kita mempelajarinya dengan senang hati dan serius pasti lambat laun kita akan menguasainya.

Ya walaupun pada akhirnya semua kembali pada diri masing-masing TAPI saya yakin teman-teman yang mencari artikel seperti ini pasti ada keinginan untuk mempelajari CorelDRAW namun masih bingung untuk memulainya.

Saran dari saya untuk mempelajari aplikasi ini alangkah lebih bagus jika kalian ada yang mengajari secara langsung, namun jika gak punya maka bisa melalui pendamping seperti buku referensi ataupun internet (youtube, situs tutorial, dll).

YOSH tetap semangat dan jangan ragu untuk mempelajari hal baru 😁

Terimakasih

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama