Si Relevan

 

Cerita Pengalaman Membuat Blog

 

 

Assallamualaikum WR WB

       Sebagai Blogger tentu tidak tiba - tiba begitu saja banyak hal yang dilalui selama menjadi blogger termasuk saya sendiri sebagai admin dari blog ini.

 

       Awal mula inginnya menjadi seorang blogger yaitu pada 6 tahun lalu, yaitu saat saya kelas 2 SMP. Ya kalu dipikir - pikir kelas 2 SMP mana kepikiran buat bikin Blog, masa masa enaknya main PS sama game Online di warnet tapi anaehnya itu menjadi ketertarikan yang lebih bagi saya dari pada PS ataupun Game Online ya walaupun dampaknya jadi tiap hari ke warnet.



      Saat itu yang menjadi ketertarikan saya ialah ketika teman sekelas saya memulai membuat sebuah blog di ponselnya dan itu awal mula saya menjadi tertarik dan minta di ajarkan. Walaupun awalnya bingung gimana maininnya nih Blog.

 

 

       Saat itu bagi saya masih asing dengan yang namanya Blogspot bahkan blog pertama saya bukanlah dari blogger melainkan dari Mywapbog, dan link pertama yang saya buat adalah http://ririungan-nya.mywapblog.com/. Dalam blog tersebut memuat konten musik, wallpaper, dan yang paling utama adalah game Nokia. Banyak game HP nokia yang saya masukkan pada blog tersebut dari Nokia Java sampai Nokia Symbian.



       Pengoperasian Mywapblog terbilang sangat mudah apalagi buat saya yang awam saat itu. Yang paling bagus adalah pada Mywapblog ada 3 tampilan yaitu tampilan dekstop, tampilan mobile, tampilan ponsel mutakhir. Ke 3 tampilan itu bisa berbeda beda antara tiap tampilannya dan itu jadi nilai lebih buat Mywapblog dibanding Blogspot yang memiliki 2 tampilan saja dan untuk tampilan ponselnya tidak bisa costum yang berbeda dengan tampilan dekstop.





       Kemudian satu tahun berikutnya tepatnya saat saya kelas 3 SMP saya mulai mencoba membuat Blog pada Blogger.com. Ketertarikan saya bermula saat mengunjungi Blog - Blog, saat itu yang saya tahu hanya Mywapblog dan mulai saat itu Blogger menarik perhatian saya.



       Saat itu Blog dari Blogspot yang saya buat yaitu http://zonaku00.blogspot.com/, dalam Blog tersebut memuat konten Anime mulai dari Film series, Movie, OVA dan ONA.

 

       Sempat ada masa dimana nge-Blog males ketika blog yang saya buat http://zonaku00.blogspot.com/ di blokir karena ada konten berhak cipta padahal template sudah diubah sedemikian rupa menjadi lebih bagus, widget sudah di tambahkan, pengunjung juga sudah banyak saat itu, dan semakin males lagi saat  15 November 2016 Mywapblog tutup dan gak bisa diakses bahkan Blog mimin pun hangus menghilang.

 

       Dengan terhupusnya kedua blog tersebut membuat saya malas nge-Blog lagi. Tapi saat saya kelas 1 SMK semester 1 ada tugas membuat Blog dan itu awal mula saya kembali nge-Blog ya walaupun gak terlalu lama juga jarak nya.

       Saat itu link Blog yang saya buat adalah http://yayanxtpm1.blogspot.com/ dan juga merupakan link awal dari blog ini sebelum di ubah nama pada November 2019. Sesuai nama yayanxtpm1 merupakan singkatan dari Yayan Andriansah kelas TPM 1 (Teknik Mesin 1). Karena waktu itu buat Blog untuk pelajaran maka konten nya pun materi pelajaran SMK khususnya Teknik Mesin. Setelah pembelajaran mengenai Blog selesai sangat miminng kalau Blog ini berlalu begitu saja, dari situ saya mulai mengembangkan Blog ini.



Tampilan http://yayanxtpm1.blogspot.com/ masa ke masa:

 

 

 

 

 


       Kemudian pada November 2019 link Blog ini pun di ubah menjadi https://ruang1000ilmu.blogspot.com/. Alasan diubah karena status yang sudah bukan lagi SMK Teknik Mesin juga sebagai mendobrak batas yang awalnya memuat materi SMK menjadi lebih luas lagi, yang terpenting agar nama yang lebih mudah diingat.

 

       Terakhir pada awal bual Desember 2019 Tampilan Blog inipun kembali diubah menjadi :

 

 


       Alasan memilih tampilan yang lebih simple yaitu agar tampilan blog lebih sederhana, terlihat sedikit profesional, dan tidak lama loadingnya (meh teu ngelag loba teuing widget). Selain itu Blog ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa di Download melalui :

 

Google Drive

 

Solidfile

 

Zippyshare

       Nah lho kok gak di Playstore ? Aplikasinya pasti banyak virus kan ? tenang saja Aplikasinya aman kok gak ada virus dan kenapa gak ada di Playstore eh salah maksudnya belum ada di Playstore karena Blog ini masih tahap pengembangan atau bisa di sebut masih "Beta" dan juga mimin belum berani ambil resiko Upload ke Playstore tapi malah gak ada yang Download ya kan bayar juga Uploadnya kalo ke Playstore. 😅


           Selain https://ruang1000ilmu.blogspot.com/ ada juga dua blog lainnya yang di kembangkan oleh saya, ya walaupun karena banyak yang di urus malah jadi terbengkalai blognya sekarang.


             Yang pertama yaitu http://animeusic.blogspot.com/. Konten tang ada di blog tersebut adalah lirik lagu dari opening & ending Anime Jepang dan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia.

 

          Yang kedua, yaitu https://ruangtutorial1.blogspot.com/. Blog tersebut merupakan Blog baru yang belum lama di buat saaat saya mendapatkan tugas untuk membuat blog. Blog tersebut insyaallah akan diisi dengan tutorial - tutorial widget untuk Blogspot & tutorial lainnya.

 

       Eh tapi setelah beberapa pertimbangan akhirnya saya mutusin buat gak dilanjutin blognya dan kembali ngembangin blog yang Ruang 1000 Ilmu. 😅


         Sampai akhirnya ada niatan lagi untuk membuat blog baru yang memiliki konten lebih terarah dan terstruktur lebih rapi dibanding Ruang 1000 ilmu yang isinya agak campur-campur. 


          Pada Oktober 2020 terpikir untuk membuat blog yang berisikan curahan hati & pikiran saya + konten CorelDRAW. Kenapa Konten CorelDRAW, kebetulan saat ini saya kembali kerja di percetakan & main-main lagi sama si Corel DRAW HEHEHE. 😁


        Pada tanggal 22 Oktober 2020 dibuatlah blog Si Relevan dengan domain https://sirelevanofficial.blogspot.com yang memuat konten curahan hati & pikiran mimin + Konten CorelDRAW (aplikasi, tutorial, & Desain CDR)

            Kenapa namanya Si Relevan, sebenarnya itu terpikir seketika ketika saya lagi fb-n trus liat komentar yang ilang di status FB seseorang disitu kalimatnya "paling relevan dipilih bla bla bla". Nah dari situlah asal mula Si Relevan. Sepele banget kan HEHEHE 😂     

       Terakhir karena Blog ini dalam masa pengembangan maka sangat diharapkan masukan dari banyak orang / pengunjung melalui komentarnya atau dapat melalui akun social media yang tertera di tampilan.😁       

       Terimakasih, itu sedikit pengalaman dari saya yang (mungkin) tidak menarik sama sekali, mohon maaf kalau kata - kataya banyak typo, terlalu kaku, dan juga banya salah nya karena penulisnya juga masih pemula.

 

Wasallamualaikum WR WB

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama