Si Relevan

Pilih Kuliah atau Kerja



Kuliah atau Kerja?  sebuah kegalauan yang sering menimpa kalangan pelajar SMA/SMK yang akan segera lulus sekolah, tak jarang kegalauan ini sering menjadi permasalahan yang serius jika pelajar tersebut tidak bisa membuat keputusannya sendiri.

Eits tapi tunggu dulu, sebelum menggalaukan Kuliah atau Kerja tentu kita harus jelas dulu untuk apa kita kuliah dan untuk apa kita kerja, jangan sampai salah arah dan membuat penyesalan diakhir.


Biasanya ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan seseorang untuk memilih untuk Kuliah :

1. Untuk Meningkatkan Keterampilan & Pengetahuan

Memang saat kita SMA/SMK kita telah menerima pendidikan dari guru-guru kita di sekolah namun pendidikan yang diajarkan itu sifatnya umum. Walaupun di SMK lebih menjurus ke kejuruan atau bidang keahlian yang ingin di kuasai tetapi tetap saja apa yang didapat hanya sebagian kecilnya. Namun kekita kita berkuliah maka kita akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas dan mendapatkan pemahaman yang tidak kita dapatkan di bangku SMA/SMK.

Tidak hanya itu ketika kita memilih kuliah, maka kita akan difokuskan untuk menggali semua pemahaman pada jurusan yang kita ambil. Sebagai contoh seseorang yang memilih kuliah dibidang hukum, maka dia akan difokuskan untuk mempelajari tentang hukum dan seseorang yang memilih kuliah dibidang teknik, maka dia akan difokuskan untuk mempelajari semua hal yang berkaitan dengan jurusannya.


2. Status Pendidikan Terendah

Semakin berkembangnya zaman maka semakin tinggi patokan pendidikan yang harus dicapai oleh seseorang. Dulu lowongan kerja itu minimal SMP kemudian meningkat minimal SMA, lalu sekarang bisa dilihat banyak lowongan kerja yang mengharuskan pelamarnya memiliki pendidikan mininal S1/Sarjana.

Dulu orang yang mendapat gelar sarjana S1 mungkin sangat WAH SEKALI tetapi sekarang biasa saja, dan tidak menutup kemungkinan dimasa yang akan datang gelar S1 menjadi sangat biasa saja.


3. Peluang Kerja Semakin Besar

Semakin tinggi pendidikan seseorang maka semakin tinggi juga peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Kenapa bisa seperti itu? seperti yang nomor 2 disinggung ada pekerjaan-pekerjaan yang hanya bisa di lamar/dimasuki oleh mereka yang memiliki pendidikan minimal S1.


4. Melatih Pola Pikir & Intelektual

Ketika kamu kuliah, kamu akan diuji menjadi individu yang dewasa dan memiliki pemikiran yang matang. Kita akan diajarkan juga bagaimana kita harus berfikir, menganalisa, & menyelesaikan setiap permasalahan yang muncul.


Selain itu ada juga alasan lain seseorang berkuliah :


5. Ngejar Gelar

Tidak sedikit orang yang kuliah hanya untuk mendapat gelar saja tanpa memahami tujuan untuk apa seseorang berkuliah.


6. Nyari Jodoh

Bukan hal aneh lagi kawan jika ada seseorang berkuliah hanya untuk mendapatkan pasangan saja. "semoga dapet pacar" wew itu memang bukan alasan yang tepat untuk seseorang kuliah namun selalu ada saja.


7. Tidak Ada Pilihan Lain

Ketika seseorang yang niat awalnya beerja namun tidak mendapat pekerjaan dan selalu ditolak dalam melamar, kulaih bisa menjadi alternatif pelarian bagi dirinya.


8. Kelihatan Gaya

Keliahatan gaya memang bukan maasalah yang terlalu besar namun jik itu dijadikan alasan kuliah maka itu bisa menjadi masalah bagi dirinya di kemudian hari.


9. Disuruh Orang Tua

Bukan hal aneh jika ada seseorang yang berkuliah alasannya karena disuruh orang tua, apalagi jika status sosial keluarganya tinggi maka orang tua akan mengarahkan anak untuk berkuliah agar memiliki gelar yang sederajat dengannya.


Tidak hanya berkuliah saja yang memiliki alasan. Seseorang yang akan bekerjapun pasti memiliki alasannya, berikut diantaranya :

1. Mendapatkan Pendapatan

Yaiyalah seseorang bekerja pasti untuk mendapat pendapatan. Setiap orang pasti akan memilih bekerja di tempat yang memberikan pendapatan gede dan nyaman, namun terkadang ada yang pendapatannya gede tapi tidak nyaman adapula yang nyaman tapi pendapatannya kecil. Intinya Seseorang bekerja agar dibayar seseuai dengan kinerjanya. 


2. Mencari Modal Usaha

Ketika seseorang ingin membuat sebuah usaha namun tidak memiliki modal yang dibutuhkan, maka tentu dia akan mencari kerja dahulu agar mendapatkan modal untuk usahanya. Setelah dia merasa modal yang dia miliki sudah cukup untuk memulai usahanya bisa daja dia berhenti untuk bekerj & memilih memulai usahanya sendiri.


3. Pemenuh Kebutuhan sosisal

Seseorang dalam menjalani kehidupannya  pasti tidak bisa menjalaninya dengan seorang diri. Dengan bekerja kita akan mendapat pemenuh kebutuhan sosial kita baik baik yang untuk jangka pendek maupun jangka panjang.


4. Harga Diri Seseorang

Dengan bekerja seseorang akan mendapatkan harga dirinya, maksudnya ketika seseorang bekerja dan dapat memenuhi keperluannya sendiri dan keluarganya maka disitulah dia akan berarti sebagai seorang manusia.


5. Mencari Pengalaman

Tentu saja dengan bekerja kita akan mendapat pengalaman yang dibutuhkan untuk masa depan kita. Pekerjaan apapun walaupun nanti sudah kita tinggalkan tetap saja pengalamannya pernah kita rasakan.


Seperti yang tadi  mimin bilang kita harus tahu dulu apa alasan kita memilih bekerja atau memilih berkuliah, jangan sampai kita salah arah dan menyesal dikemudian hari. Yang paling penting jika kita mendasari niatnya untuk ibadah maka itu bisa menjadi pembuka gerbang kesuksesan kita. 

TAPI TAPI apa bisa kita memilih keduanya ? ya bisa dong

Banyak Sekolah Tinggi atau tempat kuliah yang menyediakan kelas karyawan yang jamnya bisa kita sesuaikan dengan jam kerja kita.

LHO berat dong double capek ? kalau capek itu sudah pasti mau milih keduanya ataupun salah satunya ya pasti ada capeknya. Memang jika melihat kesitu pasti capek, ada  banyak temen saya yang memilih bekerja sambil kuliah namun seiring waktu karena capek malah bikin kuliahnya teabaikan dan akhirnya OUT. TETAPI kan kembali pada niat awal kita, insyaallah jika kita niatnya baik maka bisa capek itu malah menjadi sumber semangat kita. 

Gimana hayo masih pada bingung Kuliah atau Kerja? atau pilih keduanya?  Pokoknya yang terpenting jangan nganggur ajah.

HEHEHE kalau masih bingung saya saranin untuk meminta sarang pada orang tua dan temn kita yang kuliah/kerja biar dapet sedikit pencerahan. 😁

Udah ah itu saja coretannya, semoga sedikit coretan ini bisa sedikit membantu kalian terbebas dari kegalauan antara Kuliah atau Kerja. 😀

sekian.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama